Jumat, 23 November 2012

Tahu Tempe Enak Rasane

Tahu tempe enak rasane.

Tahu dan tempe merupakan salah satu dari sekian banyaknya makanan tradisional masyarakat Indonesia,Namun dalam hal ini perlu diketahui bahwasanya untuk saat ini Tempe telah menyebar keseluruh penjuru dunia.baik di asia maupun eropa.nah ada apa dengan tempe?

Ternyata diseluruh dunia para kaum vegetarian itu banyak yang telah mengkonsumsi tempe sebagai pengganti daging. Sebab itulah sekarang tempe-tempe diproduksi di banyak tempat di dunia, ternyata tidak hanya di Indonesia loh. Berbagai penelitian pun dilakukan di sejumlah negara, seperti Jerman, Jepang, dan Amerika Serikat.

Cara pembuatan tempe  ini sudah sejak lama bahkan sudah berabad-abad yang lalu dikerjakan oleh masyarakat Indonesia khususnya berawal dari masyarakat ditanah Jawa.tentunya dengan prosedur pembuatan yang masih sangat sederhana pada waktu itu. Dibuat dari berbagai bahan dasar yang dapat digunakan dalam pembuatan tempe tersebut, akan tetapi yang paling banyak dipergunakan dan paling populer adalah tempe yang berbahan dasar kedelai.

Agar memperoleh hasil tempe yang berkualitas tinggi, pilihlah kedelai yang akan digunakan juga juga dengan kedelai yang berkualitas baik dan tidak tercampur dengan biji-bijian yang lain, seperti jagung, kacang hijau dan biji-bijian lainnya. prosedur yang lain juga diperlukan yaitu  pengolahanya harus dilakukan dengan cermat.

Pada dasarnya Proses pembuatan tempe  ialah proses menumbuhkan spora jamur tempe, yaitu Rhizopus sp., pada biji kedelai.Didalam pertumbuhannya, Rhizopus sp. membentuk benang-benang yang disebut sebagai benang hifa.

Benang-benang hifa ini mengikatkan biji kedalai yang satu dengan biji kedelai lainnya, sehingga biji-biji kedelai ini membentuk suatu massa yang kompak. Massa kedelai inilah yang selanjutnya disebut sebagai tempe.

Dalam masa pertumbuhannya, jamur Rhizopus sp. juga menghasilkan enzim yang dapat menguraikan protein yang terdapat dalam biji kedelai, sehingga protein-protein dalam biji kedelai ini mudah dicernakan.

 Selama masa pertumbuhan jamur Rhizopus sp. Selain Rhizopus, diperkirakan banyak jenis mkiroorganisme lain yang mungkin turut campur, tetapi tidak menunjukkan aktifitas yang nyata.

Oleh karena itu, agar diperoleh tempe yang berkualitas baik dan tahan agak lama, maka selama proses pembuatan tempe perlu diperhatikan mengenai sanitasi dan kemurnian bibit (inokulum) yang akan digunakan.
dari berbagai sumber

semoga bermanfaaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar